Jumat, 24 April 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Wujud Benda

Gadis Rantau
Ayo Mencoba
Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.

Mengetahui Sifat Benda Cair
Lakukan secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan
  1. Air dan minyak goreng
  2. Ember
  3. Gelas
  4. Kantong plastik

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
  2. Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
  3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!
No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Airxx
2.Minyak Gorengxx
3.Susuxx
4.Kecapxx
5.Siropxx

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat
  1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.

Ayo Bercerita 
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.

Ayo Berlatih
Tubuh manusia, 2/3 bagian terdiri atas air. Kekurangan cairan akan membuat tubuhmu lemas. Minumlah air putih sesuai takaran setelah bermain. Seperti habis bermain memantulkan dan menangkap bola.

Permainan diawali dengan melakukan pemanasan. Caranya, buatlah dua barisan dan pantulkanlah bola kepada teman di seberangmu!
 Air adalah benda cair yang sering ditemui Pembelajaran 4 Subtema 2 Wujud Benda
Setelah itu, lakukanlah permainan berikut!
Setiap kelompok harus memindahkan bola. Bola dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Caranya dengan memantulkan bola sambil berjalan. Siswa yang paling cepat memindahkan, dialah pemenangnya.

Ayo Berdiskusi
Permainan bola diperlukan kerja sama antaranggota kelompok. Bentuk kerja sama contohnya gotong royong.

Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing.
 Air adalah benda cair yang sering ditemui Pembelajaran 4 Subtema 2 Wujud Benda

Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.

Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.

Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
  1. Pekerjaan cepat selesai karena dilaksanakan secara bergotong royong. Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.
  2. Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama.
  3. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong melahirkan persatuan sehingga mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 

Kamu telah mengetahui kegiatan gotong royong. Tuliskan contoh kegiatan tersebut!
Di lingkungan tempat tinggalDi rumahDi Sekolah
  1. Memperbaiki tempat ibadah.
  2. Membangun Jalan
  3. Membersihkan Selokan
  1. Membersihkan rumah
  2. Merawat tanaman
  3. Membersihkan alat makan.
  1. Membersihkan ruang kelas
  2. Membersihan taman sekolah
  3. Mengerjakan mading sekolah
Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan gotong royong? Ceritakan di depan kelas yang pernah kamu lakukan!